Kamis, 27 September 2012

Gadget Bukan Hanya Sekedar Fashion


Saat ini gadget telah menjamur dikalangan masyarakat Indonesia, dari kelas atas maupun kelas bawah yang hampir semua memakai teknologi gadget. Gadget sendiri merupakan suatu inovasi atau gagasan teknologi yang canggih dengan fitur-fitur yang modern dan mudah digunakan serta terlihat ‘wah’ jika menggunakannya.
Namun, apakah semua orang dapat tepat menggunakan kecanggihan tehnologi tersebut ? Apakah masyarakat mengerti akan dampak yangterjadi jika menggunakan gadget tersebut baik sisi negative atau sisi positifnya ? Semua tergantung daripada diri masing-masing.
Pada era saat ini, gadget sangat kental dengan kalangan anak muda dan para executive muda yang tidak ingin dikatakan ketinggalan jaman dengan era IT saat ini. Bahkan gadget saat ini sudah masuk dalam kategori tambahan untuk fashion, yang membuat paradigma seseorang tentang orang yang memakai gadget yang terbaru misalkan, orang tersebut sudah bisa dikatakan seorang yang fashionable terhadap fashion yang ada saat ini.
Hingga sekarang, gadget bahkan sudah menyebar ke masyarakat desa. Orang-orang kecil pun kini sudah bisa memiliki gadget dengan harga yang miring karena saat ini gadget dengan harga murah bisa didapat dengan mudah. Tetapi, apakah mereka sudah paham akan manfaat sebenarnya gadget tersebut ? Atau hanya sekedar mengikuti tren yang ada saat ini ?
Karena sebagaian besar masyarakat dari kecanggihan teknologi mutakhir saat ini banyak masyarakat mensalah gunakan kecanggihan gadget tersebut. Bahkan kini kriminalitas yang disebabkan oleh kecanggihan teknologi semakin marak terjadi dengan modus-modus yang beragam. Ini merupakan salah satu efek negative dari gadget sendiri tanpa mengerti sebenarnya manfaat dari gadget itu.
Padahal jika kita melihat dari sisi positif dari gadget, kita dapat banyak mengambil manfaatnya. Semisal kita dapat menjelajah dunia dengan gadget tersebut dan kita dapat menggunakannya untuk berbisnis Dari gadget sendiri kita juga bisa mencari sendiri tentang manfaatnya.
Kalau pun orang-orang yang tidak sekolah namun dapat memiliki gadget, mereka bisa bersekolah secara gratis dengan mendownload atau mencari e-book di mesin pencari melalui internet. Jika hal itu dilakukan, masyarakat bisa belajar tanpa harus bersekolah. Karena itu perlu adanya suatu kesadaran masyarakat terutama pada kalangan anak muda maupun kaum akademis yang mampu mengeksplor pengetahuan tentang pamanfaat gadget untuk dunia pendidikan yang dapat mencerdaskan kehidupan bangsa terutama di Indonesia sendiri yang saat ini sangat banyak yang mampu memiliki suatu gadget.
Jadi, masyarakat bisa belajar sendiri dan bebas menimba ilmu melalui gadget masing-masing yang selanjutnya diharapkan bisa saling sharing dalam dunia jejaring sosial yang saat ini sangat marak di dunia kita. Bukan hanya sekedar mencari teman untuk main, namun kita dapat mencari teman melalui gadget yang selanjutnya berbagai pengalaman dan ilmu dapat kita raih bersama.
Maka dari itu, gadget bukan lagi hal yang untuk digunakan sebagai fashion saja namun kita gunakan untuk di jalur dunia pendidikan dengan jiwa muda kita yang mampu kita manfaatkan yang jika kita serius dalam menjalaninya kita dapat menjadi sosok yang sukses dalam bidang IT (Information Technology). Yang di dalamnya kita dapat menjadi pebisnis yang sukses melalui kecanggihan teknologi saat ini.
Dan sepertinya kita harus buang jauh-jauh paradigma mengenai gadget merupakan bagian dari fashion kita, karena dari paradigma itu lah kita dapat terjebak sendiri akan pikiran kita sendiri mengenai hal itu. Alangkah baiknya sebelum kita memiliki suatu gadget tertentu atau kita sudah memilikinya setidaknya mengerti manfaat dari gadget tersebut yang bukan hanya sekedar punya tanpa mengerti fungsi yang penting yang dapat kita manfaatkan bahkan dapat dijadikan mesin uang bagi kita dan kreatifitas tanpa batas.  Jadi, pikirkan dengan bijak saat anda sudah memasuki era gadget saat ini !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar